Upacara HUT Pramuka Ke-61, Bupati Tanjabbar Bacakan Sambutan Ka Kwarnas Longsor, Satu Rumah di Tanjung Bojo Nyaris Terjun ke Sungai Pasca Rapimnas, DPD Demokrat Jambi Langsung Tancap Gas Ini yang Dilakukan Rocky Gerung, Pemerintah Tak Ingin Nama Anies Terus Mencuat Program Ilterasi SDN 005 Kuala Tungkal Kembangkan Kemampuan Murid

Home / Tanjab Barat

Rabu, 24 Agustus 2022 - 10:25 WIB

Waspada Cacar Monyet, Dinkes Minta Warga Terapkan PHBS

Kepala Dinas Kesehatan Tanjab Barat H. Zaharudin

Kepala Dinas Kesehatan Tanjab Barat H. Zaharudin

KUALA TUNGKAL – Adanya satu kasus pasien terkonfirmasi cacar monyet di Indonesia menjadikan Kepala Dinas Kesehatan, Kabupaten Tanjung Jabung Barat H. Zaharudin menghimbau tenaga kesehatan (Nakes) untuk waspada terhadap gejala Cacar Monyet.

Dia juga menghimbau pada masyarakat Tanjab Barat untuk antisipasi dan segera memeriksakan diri jika terdapat gejala-gejalanya.

Pandemi Covid-19 yang belum selesai, kini warga Indonesia kembali dikejutkan dengan adanya penyakit cacar monyet yang telah ada di beberapa Negara, bahkan sudah masuk ke Indonesia.

Kepala Dinas Kesehatan Tanjab Barat H. Zaharudin mengatakan, penyakit cacar monyet berupa zoonosis yang ditularkan dari hewan yakni monyet ke manusia, berupa cacar.

BACA JUGA  Berikut Kades Terpilih pada Pilkades Serentak 43 Desa di Tanjab Barat

“Ditandai dengan adanya bentol-bentol seperti gumpalan cairan yang timbul ditubuh penderita, sehingga jika bentol tersebut pecah maka akan berpotensi tertular kepada manusia lainnya”, ujarnya.

Mengantisipasi penyakit tersebut sejumlah upaya akan dilakukan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Tanjab Barat diantaranya akan menindaklanjuti Surat Edaran Kementrian Kesehatan RI, untuk melakukan edukasi bagi masyarakat terkait dengan upaya pencegahan yang perlu dilakukan.

Masyarakat diimbau tidak panik, tetapi tetap waspada. Upaya mencegah penularan cacar monyet dapat dilakukan dengan menerapkan PHBS (Pola Hidup Bersih dan Sehat).

BACA JUGA  Butuh Kedermawanan Pemkab, Begini Kondisi Jalan Lingkunga Belakang SD 5 Kuala Tungkal

Ia merinci PHBS seperti sering mencuci tangan dengan air mengalir dan sabun, tidak menggunakan handuk atau peralatan pribadi bersama-sama, menghindari melakukan kontak dengan siapa pun yang memiliki gejala, termasuk tidak melakukan hubungan seksual dengan banyak pasangan, dan bagi penderita, perlu melakukan isolasi diri dengan baik untuk menghindari penularan ke orang lain.

Zaharudin minta kepada masyarakat jika sudah ada tanda-tanda cacar monyet, seperti demam dan nyeri otot untuk segera melapor ke puskesmas terdekat, untuk segera dilakukan Penanganan agar tidak terjadi keterlambatan atas penangan kasus tersebut.(Ary)

Share :

Baca Juga

Tanjab Barat

Kenaikan BBM Subsidi Diumumkan Pemerintah, SPBU Desa Muntialo Dipantau Polisi

Tanjab Barat

Cegah Dini Stunting di Desanya, Kades Penyambungan Lakukan Ini

Tanjab Barat

Anwar Sadat, Gapura Kopi Beramal Tumbuhkembangkan Wirausahawan dan UMKM

Tanjab Barat

Kenalkan diri ke Masyarakat, Ganjar Milenial Center ‘door to door’ Bagikan Bantuan Sembako

Tanjab Barat

Didasari Memajukan Tanjung Bojo, Rosdansyah Kembali Majud di Pilkades

Tanjab Barat

Ini Wakapolres, Kasat Lantas dan Kasat Intelkam Polres Tanjab Barat yang Baru

Tanjab Barat

Pawai Budaya HUT RI 77 di Tanjab Barat Berlangsung Meriah

Tanjab Barat

Besok Sanggar Tuah Sekate Akan Ramaikan Pawai Budaya di Tanjabbar