Upacara HUT Pramuka Ke-61, Bupati Tanjabbar Bacakan Sambutan Ka Kwarnas Longsor, Satu Rumah di Tanjung Bojo Nyaris Terjun ke Sungai Pasca Rapimnas, DPD Demokrat Jambi Langsung Tancap Gas Ini yang Dilakukan Rocky Gerung, Pemerintah Tak Ingin Nama Anies Terus Mencuat Program Ilterasi SDN 005 Kuala Tungkal Kembangkan Kemampuan Murid

Home / Kota Jambi

Senin, 22 Agustus 2022 - 11:39 WIB

Wakil Wali Kota Jambi Ajak Warga Kembangkan Urban Farming

Wakil Wali Kota Jambi Ajak Warga Kembangkan Urban Farming. FOTO : Ist

Wakil Wali Kota Jambi Ajak Warga Kembangkan Urban Farming. FOTO : Ist

JAMBI – Mengingat harga-harga bahan kebutuhan sehari-hari yang kerap melambung tinggi, Wakil Wali Kota Jambi, H. Maulana meminta agar masyarakat dapat mencari alternatif dan solusinya. Seperti dengan memaksimalkan lahan yang ada. Termasuk juga lahan di sekitar rumah atau tempat tinggal.

“Ya di antaranya dengan mengembangkan penerapan Urban Farming (Pertanian di perkotaan). Yakni cara bertanam dengan memanfaatkan keterbatasan lahan untuk bertanam,” kata Maulana, Minggu (21/8/22)

Urban Farming sebut Maulana, adalah bentuk pertanian perkotaan menanam bahan pangan di daerah perkotaan, biasanya di halaman belakang atau depan rumah. Ini juga dilakukan, karena menurutnya lahan di area perkotaan, khususnya Kota Jambi memiliki lahan yang kurang luas.

BACA JUGA  Terjadi Lagi, Polisi Tembak Polisi di Lampung Tengah Akibatkan 1 Tewas

“Kepada masyarakat agar mengembangkan metode Urban Farming, karena jumlah lahan kita ini terbatas. Sehingga nantinya akan bisa digunakan penanaman di pekarangan rumah, dengan menanam pohon yang produktif salah satunya cabai,” ujarnya.

Diharapkan Maulana, dengan melakukan hal ini dapat meningkatkan ketersediaan, aksesibilitas, dan pemanfaatan pangan untuk rumah tangga sesuai dengan kebutuhan pangan yang beragam, bergizi seimbang, dan aman.

BACA JUGA  Qurota Akyun Nahkodai Perguruan Persinas ASAD Kota Jambi Periode 2021-2026

“Termasuk meningkatkan pendapatan rumah tangga melalui penyediaan pangan yang berorientasi pasar,” kata dia.

Selain itu, pihaknya juga aktif membagikan berbagai bibit tanaman, seperti bibit capai tiap tahun ke masyarakat Kota Jambi.

“Apalagi beberapa waktu lalu, Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kota Jambi menyalurkan 2.567 bibit cabai dan 20 rak untuk tanaman hidroponik ke kelompok petani,” ujarnya.(Adv)

Share :

Baca Juga

Kota Jambi

Qurota Akyun Nahkodai Perguruan Persinas ASAD Kota Jambi Periode 2021-2026

Kota Jambi

Ratusan Paket Sembako Dibagikan Ditlantas Polda Jambi ke Masyarakat Sambut HUT Lantas ke 67

Kota Jambi

5 Orang Diamankan Kasus Terbakarnya Gudang BBM Ilegal, 3 Diantaranya Ditahan

Kota Jambi

Ratusan Mahasiswa Jambi Berdemonstrasi Tolak Kenaikan BBM