Empat Kapolres Jajaran Polda Jambi Berganti Dua Perusahaan Dibawah Naungan APP Grup Raih Penghargaan CSR dari Pemkab Tanjab Barat Secara Virtual, Danrem 042/ Gapu Mengikuti Rapurna TMMD ke-44 Danrem 042 Gapu Launching Program “Kodam II/Sriwijaya Masuk Kampus” Sosialisasi Produk BSI, Kasipers Harap Dapat Meningkatkan Kesejahteraan Anggota

Home / Berita

Minggu, 4 September 2022 - 15:52 WIB

Terdaftar Anggota Parpol di SIPOL, 6 Kades Buat Surat Pengunduran Diri

Terdaftar Anggota Parpol di SIPOL, 6 Kades Buat Surat Pengunduran Diri. GAMBAR : Ist/Net

Terdaftar Anggota Parpol di SIPOL, 6 Kades Buat Surat Pengunduran Diri. GAMBAR : Ist/Net

NASIONAL – Terdapat Enam kepala desa (kades) di Kabupaten Tangerang yang namanya terdaftar di Sistem Informasi Politik (Sipol) KPU sebagai pengurus partai politik (parpol) membuat surat pernyataan. Surat tersebut ditujukan kepada pihak KPU untuk menyatakan pengunduran diri.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMPD) Kabupaten Tangerang, Dadan Gandana menyampaikan memang sebelumnya keenam kades ini aktif di parpol.

Namun, lanjutnya, saat ini mereka sudah diminta membuat surat pengunduran diri dan mendapat pernyataan keterangan sudah mengundurkan diri dari partainya masing-masing.

“Tidak ada pengunduran diri (dari parpol usai jadi kades), makanya kita minta membuat surat pengunduran diri dan harus ada pernyataan keterangan dari partainya bahwa dia sudah mengundurkan diri. Sudah dibuat dan sudah kita sampaikan ke KPU dan Bawaslu,” katanya kepada wartawan seperti dikutip news.detik.com, Minggu (4/9/22).

BACA JUGA  Dandim 0419 Tanjab Berikan Pembekalan Bagaimana Jadi Seorang Pemimpin Amanah

Dadan menyebutkan keenam kades itu. Mereka adalah Kades Merak, Talok, Cikasungka, Karanganyar, Pondok Jaya dan Tapos.

Menurutnya, sudah ditugaskan para camat selaku pembina dan pengawas desa untuk diklarifikasi kepada kades yang bersangkutan.

“Dari 6 orang 5 orang menyatakan tidak pernah mengikuti parpol dan dibuatkan surat pernyataannya dan 1 orang telah mengundurkan diri dari parpol disertai surat keterangan dari partainya untuk dilaporkan ke KPUD dan Bawaslu,” tambah Dadan.

Dadan mengaku tidak dapat memastikan apakah nama enam Kades dicatut atau tidak. Menurut dia, pernyataan pengunduran diri ini nantinya akan ditindaklanjuti oleh pihak KPU Kabupaten Tangerang.

“Tidak tahu ya (dicatut atau bukan), yang jelas bisa jadi ada kesalahan dalam pendataan, kan itu dari zaman dulu datanya. Nanti itu di KPU, kan itu udah bikin pernyataan, nanti KPU mencoret, sama yang mengundurkan diri juga dicoret,” ungkapnya.

BACA JUGA  Jembatan Penghubung 22 Desa di Bahar Roboh, Pemkab Diminta Segera Perbaiki

Sebelumnya diberitakan, Bawaslu Kabupaten Tangerang menemukan enam nama kades terdaftar di Sipol KPU sebagai pengurus dan anggota partai politik (parpol). Bawaslu Tangerang mengirim enam nama kades itu ke dinas terkait.

“Nggak mereka nggak lapor. Ini kita temukan Sipol. Ini temuan kita. 6 kades itu hasil temuan kita di Sipol, dia ada yang anggota, ada yang pengurus lah,” ujar Koordinator Divisi Humas, Hukum, Data, dan Informasi Bawaslu Kabupaten Tangerang Zulpikar saat dihubungi, Kamis (1/9/22).

Dari enam nama kades ini, namanya terdaftar di beberapa parpol yang berbeda. Satu di antara nama kades ini ada yang terdapat sebagai pengurus di parpol baru.

Artikel berita diatas diambil dari detiknews dengan judul : Terdaftar Anggota Parpol, 6 Kades di Tangerang Buat Surat Pengunduran Diri.

Share :

Baca Juga

Berita

Ponpes Nurul Jalal Wakili Jambi di Liga Santri Piala Kasad Tingkat Nasional

Berita

Danrem 042/Gapu Pantau Langsung Pelaksanaan Tes Kesehatan Calon Perwira PK TNI 2022

Berita

Doa bersama dan Ikrar Kesetiaan Warnai HUT Ke 70 Yonif Raider 142/KJ Di Penugasan Papua

Berita

PT LPPPI dan Tzu Chi SinarMas Gelar Donor Darah Peringati 100 Tahun Eka Tjipta Widjaja

Berita

Kasiops Kasrem 042/Gapu Tutup Latihan Pembinaan Mental dan Disiplin Karyawan PTPN VI Jambi

Berita

Danrem 042/Gapu Terima Peserta SSDN Program Dikreg Angkatan LXV Lemhanas 2023

Berita

Sambut Ramadhan, Iryani Launching Lagu Religi ‘Berilah Jalan’

Berita

Polres Merangin Kembali Lakukan Penertiban PETI, 2 Orang Diamankan