Danrem 042/Gapu Dampingi Gubernur Canangkan Satu Juta Patok Gema Patas di Kota Jambi Buberta Betara Terima Penghargaan sebagai BUM Desa Bersama Unik dan Inovatif dari Menteri Desa PDTT Audiensi dengan Korem 042/Gapu, KI Jambi Ajak Sinergi Sosialisasi Keterbukaan Informasi Penculikan Anak di SD Pembengis Hoaks Kunjungi Lapas, Wakil Ketua DPRD Tanjab Barat pantau Kegiatan Program Kemandirian WBP

Home / Berita

Minggu, 4 September 2022 - 15:52 WIB

Terdaftar Anggota Parpol di SIPOL, 6 Kades Buat Surat Pengunduran Diri

Terdaftar Anggota Parpol di SIPOL, 6 Kades Buat Surat Pengunduran Diri. GAMBAR : Ist/Net

Terdaftar Anggota Parpol di SIPOL, 6 Kades Buat Surat Pengunduran Diri. GAMBAR : Ist/Net

NASIONAL – Terdapat Enam kepala desa (kades) di Kabupaten Tangerang yang namanya terdaftar di Sistem Informasi Politik (Sipol) KPU sebagai pengurus partai politik (parpol) membuat surat pernyataan. Surat tersebut ditujukan kepada pihak KPU untuk menyatakan pengunduran diri.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMPD) Kabupaten Tangerang, Dadan Gandana menyampaikan memang sebelumnya keenam kades ini aktif di parpol.

Namun, lanjutnya, saat ini mereka sudah diminta membuat surat pengunduran diri dan mendapat pernyataan keterangan sudah mengundurkan diri dari partainya masing-masing.

“Tidak ada pengunduran diri (dari parpol usai jadi kades), makanya kita minta membuat surat pengunduran diri dan harus ada pernyataan keterangan dari partainya bahwa dia sudah mengundurkan diri. Sudah dibuat dan sudah kita sampaikan ke KPU dan Bawaslu,” katanya kepada wartawan seperti dikutip news.detik.com, Minggu (4/9/22).

BACA JUGA  Danrem 042/Gapu Bersama Kapolda Jambi Panen Cabai Bareng Unsur Forkompinda Tebo

Dadan menyebutkan keenam kades itu. Mereka adalah Kades Merak, Talok, Cikasungka, Karanganyar, Pondok Jaya dan Tapos.

Menurutnya, sudah ditugaskan para camat selaku pembina dan pengawas desa untuk diklarifikasi kepada kades yang bersangkutan.

“Dari 6 orang 5 orang menyatakan tidak pernah mengikuti parpol dan dibuatkan surat pernyataannya dan 1 orang telah mengundurkan diri dari parpol disertai surat keterangan dari partainya untuk dilaporkan ke KPUD dan Bawaslu,” tambah Dadan.

Dadan mengaku tidak dapat memastikan apakah nama enam Kades dicatut atau tidak. Menurut dia, pernyataan pengunduran diri ini nantinya akan ditindaklanjuti oleh pihak KPU Kabupaten Tangerang.

“Tidak tahu ya (dicatut atau bukan), yang jelas bisa jadi ada kesalahan dalam pendataan, kan itu dari zaman dulu datanya. Nanti itu di KPU, kan itu udah bikin pernyataan, nanti KPU mencoret, sama yang mengundurkan diri juga dicoret,” ungkapnya.

BACA JUGA  Jalin Keakraban, Ketua Pengkab Taekwondo Tanjabbar Makan Bersama Atlet dan Pelatih

Sebelumnya diberitakan, Bawaslu Kabupaten Tangerang menemukan enam nama kades terdaftar di Sipol KPU sebagai pengurus dan anggota partai politik (parpol). Bawaslu Tangerang mengirim enam nama kades itu ke dinas terkait.

“Nggak mereka nggak lapor. Ini kita temukan Sipol. Ini temuan kita. 6 kades itu hasil temuan kita di Sipol, dia ada yang anggota, ada yang pengurus lah,” ujar Koordinator Divisi Humas, Hukum, Data, dan Informasi Bawaslu Kabupaten Tangerang Zulpikar saat dihubungi, Kamis (1/9/22).

Dari enam nama kades ini, namanya terdaftar di beberapa parpol yang berbeda. Satu di antara nama kades ini ada yang terdapat sebagai pengurus di parpol baru.

Artikel berita diatas diambil dari detiknews dengan judul : Terdaftar Anggota Parpol, 6 Kades di Tangerang Buat Surat Pengunduran Diri.

Share :

Baca Juga

Berita

Kasiops Kasrem 042/Gapu Uji Coba Kapal Rigid Inflatable Boat

Berita

Dukungan Pemkab Tanjab Barat dalam Pengendalian Inflasi

Berita

Melalui Pokir, Jamal Wujudkan Penantian KUB Sapat Jaya Seko miliki Pompong

Berita

Kapolri Mutasi 25 Polisi yang Diduga Hambat Kasus Brigadir J

Berita

Prajurit dan PNS Korem 042/Gapu Ikuti Sosialiasi Perumahan dan Alat Kesehatan

Berita

Pangdam II/Sriwijaya Tutup Kegiatan Karya Bakti TNI di Batanghari

Berita

Mendapatkan KPLB, Johan Christy Silaen Kini Berpangkat Kompol

Berita

Kebakaran Tadi Pagi, Satu Rumah di Pematang Lumut Ludes Dilalap Api