Danrem 042/Gapu Melalui Vicon Ikuti Taklimat Awal Wasrik BPK RI Sambut Kunjungan FJ-TJB, Neko : Media Corong Informasi, Mitra Pemerintah dalam Pembangunan Batu Bara, Cinta Segi Enam yang Tak Harmonis Mantan Kepala Dinas Dukcapil Tanjabbar Gabung dengan Partai Perindo, Apakah Akan Nyaleg? Dandim 0419 Tanjab Berikan Pembekalan Bagaimana Jadi Seorang Pemimpin Amanah

Home / Berita

Kamis, 3 November 2022 - 23:56 WIB

Seminar Nasional, Upaya Pemda Tanjabbar Kembalikan Kejayaan Kelapa Dalam

Bupati Tanjab Barat H Anwar Sadat bersama Kepala Bappeda Katamso dan Undangan yang hadir saat Seminar Nasional. FOTO : Prokopim

Bupati Tanjab Barat H Anwar Sadat bersama Kepala Bappeda Katamso dan Undangan yang hadir saat Seminar Nasional. FOTO : Prokopim

TUNGKAL ILIR – Pemerintah Tanjung Jabung Barat, Jambi, melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah atau Bappeda melaksanakan Seminar Nasional di Balai Pertemuan Kantor Bupati Tanjung Jabung Barat, Kamis (3/11/22).

Seminar Nasional yang mengusung Tema “Revitalisasi Kejayaan Kelapa Dalam Berkelanjutan Berbasis Ekonomi Kerakyatan” ini diharap menjadi cikal bakal mengembalikan kejayaan kelapa dalam khususnya di Tanjung Jabung Barat.

Bupati Tanjung Jabung Barat Drs H Anwar Sadat, M. Ag mengatakan, Kabupaten Tanjab Barat merupakan salah satu Kabupaten dengan lahan kelapa dalam terbesar, yang luasnya lahannya mencapai 55.384 Hektare, dengan luas lahan tersebut sambung produksi Kelapa Dalam di Tanjab Barat mencapai 55.817 ton per-Tahun.

Sampai saat ini sebut Bupati, Kelapa Dalam merupakan salah satu komoditi unggulan di Kabupaten Tanjab Barat, sekaligus menjadi salah satu sumber perekonomian Masyarakat.

” Saya berharap seminar nasional ini, menjadi cikal bakal kembalinya kejayaan kelapa dalam. sudah saatnya seluruh potensi daerah, pemerintah, petani dan pengusaha bersinergi membangun kejayaan kelapa dalam sebagai solusi peningkatan ekonomi daerah dan kesejahteraan masyarakat di Kabupaten Tanjab Barat,” katanya.

BACA JUGA  Saksikan Lesung Luci Pergelaran Teater Tonggak Gratis di Taman Budaya Jambi Besok

Saat ini Kelapa dalam menjadi fokus Pemerintah Tanjab Barat dan tertuang dalam RPMJD Tanjab Barat (2021-2026). Maka dari itu peran kelembagaan agribisnis sangat penting dalam pengembangan Kelapa Dalam.

Dijelaskan Bupati, kelembagaan termasuk subsistem jasa penunjang, dimana lembaga tersebut harus mampu berperan dalam pengadaan sarana produksi usaha tani, pengolahan hasil pertanian dan pemasaran.

” Dimana saat ini Kelapa Dalam sudah di kembangkan Petani dan pengrajin Rumah tangga menjadi permen air kelapa, asap cair dari tempurung dan berbagai kerajinan tangan seperti tas, dompet, tempat tisu, interior lampu batok kelapa dan kerajinan mebel dari batang kelapa,” kata Anwar Sadat disela membuka jalannya seminar.

Sementara Kepala Bapeda Tanjung Jabung Barat DR Katamso, SA, SE., ME selaku Ketua Seminar Nasional dalam laporannya menyampaikan, saat ini Kelapa Dalam mengalami penurunan luas lahan, produksi, maupun harga yang mana kondisi ini mempengaruhi ekonomi Masyarakat.

BACA JUGA  Seorang IRT Warga Kampung Nelayan Meninggal Dunia Pasca Terlibat Lakalantas di Mendalo Darat

” Karena lebih dari 22 ribu Masyarakat¬† bergantung dari hasil Pertanian Kelapa Dalam, oleh karena itu penting bagi kita untuk meningkatkan kembali gairah masyarakat menanam kelapa dalam,” ungkapnya.

Katamso menjelaskan, diselenggarakan nya Seminar Nasional ini selain bertujuan untuk meningkatkan kembali gairah Masyarakat menanam Kelapa dalam, juga lebih kepada untuk meningkatkan kesejahteraan Masyarakat khususnya Petani Kelapa dalam, dengan saling bersinergi.

Diketahui Seminar Nasional dengan Tema ” Revitalisasi Kejayaan Kelapa Dalam Berkelanjutan Berbasis Ekonomi Kerakyatan” tersebut di hadiri oleh DR Wartsita, SP, MM Direktorat Jendral Perkebunan Kementerian Pertanian Republik Indonesia.

Selain itu tampak hadir Anggota DPRD Tanjung Jabung Barat, Asisten I  Kabupaten Indragiri Hilir bersama rombongan, Kepala Bappeda Provinsi Jambi, OPD terkait, Camat Kuala Betara, Camat Seberang Kota, Ketua Peduli Tani dan Petani kelapa dalam.(*/Bas)

Share :

Baca Juga

Berita

Kapolsek Sungai Gelam Bersama Timdu Lakukan Pengecekan Hotspot

Berita

10 Orang Komplotan Geng Motor yang Buat Onar, Satu Diantaranya Didor Polisi

Berita

Tenaga Honorer di Tanjabbar mengikuti Simulasi CAT ASN dan PPPK

Berita

Kebakaran Tadi Pagi, Satu Rumah di Pematang Lumut Ludes Dilalap Api

Berita

Begini Tradisi Pembaretan Bintara Remaja Polres Muaro Jambi 2022

Berita

Kamar Hotel Masa Kini Terisi Penuh oleh Peserta Kejurprov dan Jamaah Haul

Berita

Sanggar HIMA Bahasa Indonesia Unbari Kembali Tunjukkan Eksistensinya di Panggung Teater

Berita

Ketua Persit KCK Koorcab Rem 042 Dampingi Kunker Ibu Negara Iriana Joko Widodo Di Jambi