Dandim 0419 Tanjab Berikan Pembekalan Bagaimana Jadi Seorang Pemimpin Amanah Kasrem 042/Gapu : Aparat Intelijen Harus Memiliki Kemampuan Up to Date Dalam Mengikuti Perkembangan Teknologi Rumah Sakit dr Bratanata Jambi Gelar Pelatihan ATLS Periode Ke-IV 2022 Prajurit Korem 042/Gapu dan Persit Laksanakan Senam Bersama Melalui Pokir, Jamal Wujudkan Penantian KUB Sapat Jaya Seko miliki Pompong

Home / Jambi

Minggu, 2 Oktober 2022 - 00:02 WIB

Peringati Hari Kesaktian Pancasila, Begini Kata Wagub Jambi

Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila di Lapangan Kantor Gubernur Jambi, Sabtu (1/10/22). FOTO : Ist

Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila di Lapangan Kantor Gubernur Jambi, Sabtu (1/10/22). FOTO : Ist

JAMBI – Komandan Korem 042/Gapu Brigjen TNI Supriono menghadiri upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila di Lapangan Kantor Gubernur Jambi, Sabtu (1/10/22).

Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila bertema “Bangkit Bergerak Bersama Pancasila”,  dipimpin Wakil Gubernur Jambi H. Abdullah Sani, dan diikuti oleh perwakilan TNI, Polri, Satpol PP, Instansi Pemerintah dan perwakilan Mahasiswa serta Pelajar Kota Jambi.

Usai upacara, Wakil Gubernur Jambi mengatakan sesungguhnya masyarakat harus memberikan contoh dan meyakini Kesaktian Pancasila, pasalnya Pancasila mampu mempersatukan bangsa dan negara sampai saat ini.

Pancasila bisa direalisasikan dan diterapkan ditengah masyarakat di provinsi Jambi, sehingga penerapan pancasila tidak hanya seremonial saja yang selalu diperingati setiap hari Kesaktian Pancasila.

BACA JUGA  Pasca Rapimnas, DPD Demokrat Jambi Langsung Tancap Gas Ini yang Dilakukan

Hari Kesaktian Pancasila ini bisa dijadikan momentum untuk bangkit bersama dalam membangun bangsa dan negara indonesia, Harapnya.

Pada kesempatan yang sama, Danrem 042/Gapu saat dikonfirmasi awak Penrem 042/Gapu mengatakan, bangsa Indonesia memperingati Hari Kesaktian Pancasila setiap 1 Oktober untuk mengenang kembali sejarah dalam mempertahankan Pancasila sebagai ideologi negara.

Penetapan Hari Kesaktian Pancasila menurut Brigjen Supriyono, sangat erat kaitannya dengan peristiwa pemberontakan Partai Komunis Indonesia (PKI) yang ingin mengganti Ideologi Pancasila dengan Paham Komunis.

Pemberontakan yang dinamai dengan Gerakan 30 September Partai Komunis Indonesia (G30S/PKI) pada tahun 1965 itu, menyebabkan gugurnya enam orang Perwira Tinggi dan satu Perwira Menengah TNI AD yang saat ini disebut Pahlawan Revolusi.

BACA JUGA  Road Race Piala Bupati Muaro Jambi Segera Bergulir

“Karena itu, Peringatan Hari Kesaktian Pancasila juga sebagai wujud penghormatan terhadap jasa Pahlawan Revolusi,” ujar orang nomor satu di Korem 042/Gapu itu.

“Peringatan ini juga sangat penting sehingga perlu dilaksanakan secara rutin agar bisa menjadi cermin dalam menjalani kehidupan berbangsa dan bernegara,” tutupnya.

Terlihat juga menghadiri upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila, Para Kasi Korem 042/Gapu, para Dan/Ka Balak Aju Korem 042/Gapu, Para Pasi Korem 042/Gapu.

Demikian dikutip dari rilis resmi Kapenrem 042/Gapu Mayor Inf RM. Hatta diterima lintastungkal.com, Sabtu siang.(*)

Share :

Baca Juga

Jambi

Saksikan Lesung Luci Pergelaran Teater Tonggak Gratis di Taman Budaya Jambi Besok

Jambi

Danrem 042/Gapu Dikukuhkan Sebagai Duta Bapak Asuh Anak Stunting Provinsi Jambi

Jambi

Berkunjung Ke Makorem 042/Gapu, Pangdam II/Sriwijaya Berikan Tali Asih Untuk Anak Yatim dan Stunting

Jambi

Al Haris Sampaikan Startegi Pemprov Jambi Dalam Pengendalian Inflasi

Jambi

Meriah, Ribuan Masyarakat Ikuti Jalan Sehat HUT Golkar KE-58 di Jambi

Jambi

Ini Gelar Adat Melayu Jambi yang Diberikan ke Mendagri, Jaksa Agung dan Ketua Mahkamah Agung

Jambi

Dirreskrimsus Polda Jambi Tetapkan Pasutri Tersangka Kasus Gudang Minyak Terbakar

Jambi

Polda Jambi Belender 2,23 Kg Sabu dan Ratusan Butir Ekstasi