Danrem 042/Gapu Melalui Vicon Ikuti Taklimat Awal Wasrik BPK RI Sambut Kunjungan FJ-TJB, Neko : Media Corong Informasi, Mitra Pemerintah dalam Pembangunan Batu Bara, Cinta Segi Enam yang Tak Harmonis Mantan Kepala Dinas Dukcapil Tanjabbar Gabung dengan Partai Perindo, Apakah Akan Nyaleg? Dandim 0419 Tanjab Berikan Pembekalan Bagaimana Jadi Seorang Pemimpin Amanah

Home / Berita

Jumat, 25 November 2022 - 19:35 WIB

Kasrem 042/Gapu Ikuti Rapurna TMMD ke 43 Tahun 2022 Secara Virtual

Komandan Korem 042/Gapu Brigjen TNI Supriono, S.IP., M.M., diwakili Kasrem 042/Gapu Kolonel Inf Ali Aminudin, S.E., M.M., mengikuti Rapat Paripurna TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 43 Tahun 2022 secara virtual, Kamis (24/11/22). FOTO : Penrem 042/Gapu

Komandan Korem 042/Gapu Brigjen TNI Supriono, S.IP., M.M., diwakili Kasrem 042/Gapu Kolonel Inf Ali Aminudin, S.E., M.M., mengikuti Rapat Paripurna TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 43 Tahun 2022 secara virtual, Kamis (24/11/22). FOTO : Penrem 042/Gapu

JAMBI – Komandan Korem 042/Gapu Brigjen TNI Supriono, S.IP., M.M., diwakili Kasrem 042/Gapu Kolonel Inf Ali Aminudin, S.E., M.M., mengikuti Rapat Paripurna TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 43 Tahun 2022 secara virtual dari ruang rapat Makorem 042/Gapu, Jl. Jend Urip Sumoharjo Kel. Sungai Putri Kec. Danau Sipin Kota Jambi, Kamis (24/11/2022).

Kapenrem 042/Gapu Mayor Inf RM. Hatta dalam keterangan tertulisnya mengatakan bahwa Rapurna TMMD ke 43 tahun 2022 dengan mengambil tema “TMMD Sinergi Lintas Sektoral Mewujudkan Kemanuggalan TNI-Rakyat Semakain Kuat”  tersebut dipimpin Wakasad Letjen TNI  Agus Subiyanto, S.E., M.Si. langsung dari Markas Besar TNI AD Jakarta.

Dan diikuti oleh pejabat masing-masing daerah yang wilayahnya menjadi lokasi pelaksanaan TMMD diantaranya Dandim 0415/Jambi,  Dandim 0416/Bute, Dandim 0419/Tanjab, Dandim 0420/Sarko, Wakil Bupati Tanjab Timur, Wakil Ketua DPRD Tanjab Timur,  Kepala Bappeda Tanjab Timur, Sekda Sarolangun, Wakil Ketua DPRD Sarolangun, Kepala Bappeda Sarolangun,  Sekda Bungo, Kepala Bappeda Bungo, Staf Ahli Bupati Batang Hari dan Kepala Bappeda Batang Hari.

Wakasad Letjen TNI Agus Subiyanto, selaku Pati Lakhar TMMD pada Rapat Paripurna (Rapurna) TMMD ke-43 TA. 2022 mengatakan TMMD merupakan salah satu wujud operasi bakti TNI yang terintegrasi dan terpadu antar lintas sektoral guna meningkatkan akselerasi pembangunan di daerah pedesaan khususnya daerah yang tertinggal, terisolasi, perbatasan dan daerah perkotaan serta daerah lain yang terkena dampak akibat bencana.

BACA JUGA  Siswa dan Siswi Muaro Jambi Wakili Provinsi di Ajang KOSN, OSN, dan FLS2N Tingkat Nasional

“TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) memiliki nilai strategis dalam percepatan pembangunan di seluruh wilayah Indonesia”, ungkapnya.

Lebih lanjut orang nomor dua di Angkatan Darat itu menjelaskan, penentuan sasaran dalam program TMMD melalui proses perencanaan yang mengutamakan aspirasi dan kepentingan masyarakat di daerah.

“Penentuan sasaran menggunakan “Bottom Up Planning System” yang dilaksanakan secara komprehensif dan integral, karena melibatkan semua stakeholder mulai dari tingkat Desa hingga Kabupaten,” ujarnya.

Adapun pencapaian sasaran fisik pada program TMMD tahun 2022 yaitu pembuatan jalan (pengaspalan/semenisasi) sepanjang 320.374 Meter, pembuatan jembatan 68 unit, pembuatan gorong-gorong/drainase sepanjang 22.339 Meter, pembuatan Talut dan tanggul penahan tebing di 21 lokasi, rehab RTLH 220 unit, pembangunan/rehab sarana ibadah 41 unit, sarana pendidikan 8 unit, MCK dan jambanisasi 99 unit, pembangunan pos Kamling 26 unit, rehab sarana kesehatan 23 unit, pembangunan sarana olahraga di lima lokasi serta pemasangan instalasi air bersih/bak air dan sumur bor di 21 lokasi.

BACA JUGA  Dandim 0419 Tanjab Berikan Pembekalan Bagaimana Jadi Seorang Pemimpin Amanah

Di samping itu, untuk sasaran non fisiknya meliputi penyuluhan dan sosialisasi wawasan kebangsaan, bela negara, agama, hukum dan kamtibmas, lingkungan hidup dan kehutanan, narkoba dan paham radikalisme, penyuluhan dalam rangka penurunan angka stunting, penyuluhan pertanian dan ketahanan pangan, pelayanan pendidikan, kesehatan, Posbindu PTM dan Posyandu, pelayanan sunatan massal, pemberian bansos serta donor darah.

Di akhir sambutannya, Wakasad atas nama pimpinan TNI AD mengucapkan terima kasih kepada seluruh pejabat (Bupati/Walikota), Kementerian/Lembaga pemerintah non kementerian serta mitra TNI yang telah bersinergi dalam pelaksanaan TMMD di wilayah.

“Saya juga mengucapkan terima kasih kepada teman-teman media elektronik, cetak dan online yang telah mempublikasikan kegiatan TMMD sehingga semakin dikenal secara luas oleh masyarakat,” katanya.

Pada Rapurna TMMD ke-43 ini, juga diberikan penghargaan kepada Dansatgas TMMD dan Wartawan, pemenang Lomba Karya Jurnalistik (LKJ) TMMD ke-115 kategori media Elektronik dan media Cetak/Online. (Penrem042gapu)

Share :

Baca Juga

Berita

Terbakar di Tengah Jalan Motor Metic Ini Tinggak Kerangka Besi

Berita

Lantik 39 Panwascam, Ini Pesan Ketua Bawaslu Tanjab Barat

Berita

Danrem 042/Gapu Pimpin Rapat Evaluasi Penanganan Karhutla Tahun 2022

Berita

Danrem 042/Gapu Pimpin Sertijab Dandim 0417/Kerinci

Berita

Danrem 042/Gapu Resmi Tutup TMMD Ke-115 Kodim 0415/Jambi

Berita

Danrem 042/Gapu Bersama Kapolda Jambi Panen Cabai Bareng Unsur Forkompinda Tebo

Berita

Pimpin Upacara Hari Pahlawan, Danrem 042/Gapu : Jadikan Momentum Hari Pahlawan Untuk Memperkuat Persatuan dan Kesatuan Bangsa

Berita

30 WBP Lapas Kelas II A Jambi Terima Remisi Langsung Bebas