Siap Maju di Pilgub 2024, Romi : Kalau Sudah Bismillah Gaspol Demokrat Ajak Nasdem dan PKS Segera Bentuk Sekretariat Perubahan untuk Usung Anies Baswedan sebagai Bacapres 2024 Dikunjungi Kapolres Tanjab Barat, Warga Penerima Bedah Rumah Tersenyum Karyawan Gelapkan Alat Jaringan Tower Perusahaan, Diringkus Tim Anti Bandit Polres Merangin Koperasi Primer Kartika Garuda Putih Gelar Rapat Anggota Tahunan

Home / Berita

Sabtu, 21 Januari 2023 - 22:13 WIB

Jelang Imlek, Harga Ikan Bawal Putih Kepiting dan Udang dari 250 Ribu Hingga 450 Ribu Perkilogram

Kolase Ikan Bawal Putih dan Kepiting. FOTO : Ist

Kolase Ikan Bawal Putih dan Kepiting. FOTO : Ist

KUALA TUNGKAL – Menjelang perayaan tahun baru Imlek 2574, permintaan untuk ikan bawal putih dari negeri Singapura mengalami peningkatan.

Ikan yang biasa disebut ikan dewa ini, setiap tahun mengalami kenaikan harga sangat signifikan menjelang Imlek. Bahkan perkilogram harganya bisa naik beberapa kali lipat dari hari-hari biasa yang hanya sekitar Rp 40 ribu.

Suhai seorang Nelayan di Kabupaten Tanjung Jabung Barat, Jambi mengungkapkan menjelang Hari Raya Imlek merupakan peluang besar bagi para Nelayan dikarenakan permintaan Ikan Bawal Putih mengalami peningkatan.

BACA JUGA  Korem 042/Gapu Peringati Hari Sumpah Pemuda

” Ikan Bawal Putih ini untuk di ekspor ke Singapura. Menjelang Imlek permintaanya sangat meningkat,” ungkap Suhai, Jum’at (20/1/23).

Dijelaskan oleh Suhai, meningkatnya permintaan Ikan Bawal Putih dari Singapura, memang jenis Ikan ini digunakan untuk sembahyang dan hidangan saat Imlek.

” Menurut kepercayaan orang Tionghoa ikan merupakan lambang kemakmuran dan rezeki,” katanya.

Momen perayaan Imlek inilah Nelayan di Tanjung Jabung Barat panen. Karena Ikan dibayar menggunakan Dollar. Sehingga harganya menjadi tinggi jika dirupiahkan.

Hal senda juga diungkapkan oleh Hendra yang mengatakan tidak hanya permintaan dan Harga Ikan Bawal yang naik, Harga Udang, Kepiting juga ikut naik.

BACA JUGA  MTQ ke XXVII, Lurah Tungkal III : Sarana Motivasi Membumikan Al-Qur'an di Tanjabbar

” Untuk harganya 1 (Satu) jenis bawal putih 1 kilogramnya biasanya Rp 250 ribu sekarang menjelang Imlek menjadi Rp450 ribu perkilogramnya,” beber Hendra.

” Sedangkan Udang Gogo sebelumnya diharga Rp150 ribu dan sekarang Rp250 ribu perkilogramnya,” imbuhnya.

Sementara untuk harga Kepiting sambung Hendra, juga naik dari harga Rp120 atau Rp180 perkilogramnya, sekarang diharga Rp300 – Rp400 ribu perkilogramnya.(mir/bas)

Share :

Baca Juga

Berita

Danrem 042/Gapu Resmi Tutup TMMD Ke-115 Kodim 0415/Jambi

Berita

Tahun 2022, Polres Tanjabbar Tangani 214 Laporan Polisi dan Didominasi Kasus Curhat

Berita

Sidang Parade Cata PK TNI AD Reguler dan Keagamaan Gelombang II TA 2022

Berita

Pimpin Upacara Hari Pahlawan, Danrem 042/Gapu : Jadikan Momentum Hari Pahlawan Untuk Memperkuat Persatuan dan Kesatuan Bangsa

Berita

Siswa SDN 06 Lubuk Kambing Keluhkan Lantai Kelas Belum Dikeramik dan Plafon Ambruk

Berita

Danrem 042/Gapu Hadiri Pengukuhan Paskibraka Tingkat Provinsi Jambi

Berita

Danrem 042/Gapu Hadiri Apel Nyata Peningkatan Tertib Berlalu Lintas

Berita

Dirlantas Polda Jambi Turut Ringankan Beban Masyarakat Siring Kenaikan BBM