Siap Maju di Pilgub 2024, Romi : Kalau Sudah Bismillah Gaspol Demokrat Ajak Nasdem dan PKS Segera Bentuk Sekretariat Perubahan untuk Usung Anies Baswedan sebagai Bacapres 2024 Dikunjungi Kapolres Tanjab Barat, Warga Penerima Bedah Rumah Tersenyum Karyawan Gelapkan Alat Jaringan Tower Perusahaan, Diringkus Tim Anti Bandit Polres Merangin Koperasi Primer Kartika Garuda Putih Gelar Rapat Anggota Tahunan

Home / Berita

Senin, 16 Januari 2023 - 16:33 WIB

Destinasi Wisata Baru, Wahana Kampung Datuk Hadir di Pematang Buluh Betara

Lingkungan Asri yang disiapkan sambut pengunjung Wahana Kampung Datuk. FOTO : Ist

Lingkungan Asri yang disiapkan sambut pengunjung Wahana Kampung Datuk. FOTO : Ist

BETARA – Desa Pematang Buluh adalah salah satu desa di Kecamatan Betara, Kabupaten Tanjung Jabung Barat, Provinsi Jambi yang memiliki kekayaan alam, budaya dan sejarah yang elok untuk dikembangan sebagai objek wisata kekinian.

Kebaikan sumber daya alam yang berlimpah disandingkan masyarakat Desa Pematang Buluh yang terbuka terhadap pendatang (wisatawan) adalah suatu poin tambahan bagi desa tersebut bisa lebih maju dan mampu menjadi Desa Wisata yang terbaik Tanjab Barat, Jambi.

Kombinasi keduanya melahirkan suasana nyaman bagi siapa saja yang datang berkunjung untuk menghabiskan masa liburan atau akhir pecan di desa ini. Selain ada objek wisata pemandian air panas.

Kini tengah dirintis dan dibangun Wisata Baru bernama “Wahana Kampung DatuK”. Wisata ini menyajikan alam yang hijau dengan puluhan pohon Cempedak. Sehingga membuat suasana sejuk, nyaman dan tidak membosankan mata.

Menurut pengelola sekaligus pemilik lahan Bapak Kamarudin menuturkan Wisata ini dibangun pada 1 Januari 2023 ditargetkan akan selesai 2025 lebih kurang 3 tahun.

Perencanaan tahun pertama penataan tempat santai/nongkrong, spot nongkrong “KOPUJA” kopi and Jamu dan sudah ada beberapa buah.

BACA JUGA  Sisir Sungai Batanghari dengan Kapal Cepat, Ditpolairud Tangkap 3 Pelaku Dompeng PETI

“Tahun kedua penataan permainan anak-anak dan tahun ke tiga 2025 kuliner masakan Nasi Pecel Lele 3 Angkatan AD, AL dan AU (asal dari ikan darat, gabus/toman, asal dari laut, ikat, kerang dan siput, asl dari udara, burung punai dan buburak),” tuturnya kepada media ini saat, Minggu (15/1/23).

Lokasi Wahana Kampung Datuk di atas hamparan 1 hektar tanah milik pribadi pak Kamarudin. Lahan ini ditanami ada sekitar 60 pohon cempedak yang berbuah pada setiap tahunya. Beliau berpikir bahwa hasil tahunan hanya bisa didapat 5-10 juta permusim.

Tentu bisa dimaksimalkan jika di areal tersebut dijadikan tempat bermain dan edukasi bagi anak-anak, serta tempat nongkrong bagi para pencari wisata alam yang atraksi utamanya keindahan dan kesejukan.

Lokasi ini juga tidak jauh dari kolam pemandian air panas. Jika dari jalan Nasional hanya sekitar 5,5 KM.

“Dapat kita bayangkan jika tempat santai, mainan dan kuliner 3 angkatan bisa kita kolaborasi, sungguh sangat luar biasa, karna disamping ingin mengembangkan potensi pariwisata skala desa, kita juga ingin kolaborasi wisata sekala Kecamatan Betara,” ujarnya.

BACA JUGA  Dua ASN Tanjabbar Ikut Short Course Gratis, Bupati Anwar Sadat Ucapkan Terima Kasih ke Pemerintah Singapura

Kenapa demikian, dimana desa tetangga punya potensi yang saling melengkapi, seperti desa Muntialo punya Embung Wisata, Kelurahan Mekar Jaya punya Gerai Kopi, wisata Jembtan Bungkuk Mancing Mania Desa Lubuk Terntang dan lainnya.

“Maka tidak mustahil Betara akan menjadi pusat wisata di Kabupaten Tanjung Jabung Barat jika desa-desa mengelola secara maksimal,” kata Kamarudin mantan Datuk Periode 2013-2019 itu.

Beliau mengatakan pihaknya terbuka jika pihak swasta ingin bergabung investasi dalam penyediaan permainannya dengan bagi hasil 50 persen.

“Rincian 20 persen sewa lokasi, 30 persen untuk petugas yang jaga,” ujarnya.

Demikian juga bagi pedagang makanan diperbolehkan berjualan.

“Seperti abang-abang kita yang pakai motor keliling, sate, bakso, dan lainnya. Tetapi bangunan hanya boleh punya kita,” sambungnya.

Pak Kamaruddin mengatakan Wisata Kampung Datuk ini akan di Launching pada Lebaran Idul Fitri 1443 mendatang.

“Tiga bulan ini kita persiapan dan penataan untuk tongkrongan spot ngopi aja dulu, dan mainan jemputan dari luar,” jelasnya.(Red)

Share :

Baca Juga

Berita

Kamar Hotel Masa Kini Terisi Penuh oleh Peserta Kejurprov dan Jamaah Haul

Berita

Peringati HUT ke-11 Desa, Pemdes Sungai Papauh Gelar Baksos dan Ngetrail Amal

Berita

Air Bersih hingga Peningkatan UMKM, Komitmen PT JGC di Proyek Akatara

Berita

Bekas Lahan Terbakar di Desa Tungkal I di Police Line

Berita

Sempat Tertunda, Pekerjaan Fisik DAK Provinsi 2022 di SMAN 2 Tanjabbar Dilanjutkan

Berita

Pimpin Apel Gabungan, Danrem 042/Gapu : Sinergitas dan Soliditas TNI-Polri Sebagai Sumber Kekuatan Strategis

Berita

Batu Bara, Cinta Segi Enam yang Tak Harmonis

Berita

Ini 10 Instansi Pemda Wilayah Kanreg VII Palembang Penerima Anugerah BKN Award 2022