Upacara HUT Pramuka Ke-61, Bupati Tanjabbar Bacakan Sambutan Ka Kwarnas Longsor, Satu Rumah di Tanjung Bojo Nyaris Terjun ke Sungai Pasca Rapimnas, DPD Demokrat Jambi Langsung Tancap Gas Ini yang Dilakukan Rocky Gerung, Pemerintah Tak Ingin Nama Anies Terus Mencuat Program Ilterasi SDN 005 Kuala Tungkal Kembangkan Kemampuan Murid

Home / Berita

Jumat, 9 September 2022 - 08:16 WIB

Berikan Semangat, Danrem 042/Gapu Hadiri Penetapan 71 Komcad Asal Jambi di Bandung

Danrem 042/Gapu Brigjen TNI Supriono Saat Hadiri Upacara Penetapan Komcad Tahun 2022 di Pusdiklatpassus Batujajar Bandung, Jawa Barat, Kamis (8/9/22). FOTO : PENREM.

Danrem 042/Gapu Brigjen TNI Supriono Saat Hadiri Upacara Penetapan Komcad Tahun 2022 di Pusdiklatpassus Batujajar Bandung, Jawa Barat, Kamis (8/9/22). FOTO : PENREM.

BANDUNG – Danrem 042/Gapu Brigjen TNI Supriono hadiri Upacara Penetapan Komponen Cadangan (Komcad) Tahun 2022 di Lapangan Terbang Suparlan, Pusdiklatpassus Batujajar Bandung, Jawa Barat, Kamis (8/9/22).

Upacara dipimpin Wakil Presiden RI Prof. Dr. K.H. Ma’ruf Amin

Kehadiran Brigjen TNI Supriono tersebut menjadi penyemangat ke 71 Komcad asal pengiriman Korem 042/Gapu yang telah ditetapkan oleh Wapres bersama 2.974 Komcad lainnya.

Komcad yang bersifat sukarela (voluntary) ini telah mengikuti Pendidikan Latihan Dasar Kemiliteran (Latsarmil) selama 3 bulan di Empat Lembaga Pendidikan TNI AD yaitu Rindam II/Swj, Rindam VI/Mlw, Rindam XIV/Hsn, dan Pusdik Kowad serta Kodikmar TNI AL, Pusdiklat Pasgat TNI AU dan Universitas Pertahanan.

BACA JUGA  Siswa SDN 06 Lubuk Kambing Keluhkan Lantai Kelas Belum Dikeramik dan Plafon Ambruk

Sedangkan 71 Komcad asal Jambi mengikuti pendidikan Latsarmil di Rindam II/Swj bersama dengan 450 Komcad lainnya asal wilayah Sumbagsel seperti Provinsi Lampung, Sumsel, Babel dan Bengkulu

Wapres RI yang didampingi Menhan RI Prabowo Subianto, Kasad, Kasal dan Kasau, dalam sambutannya mengatakan bahwa sistem pertahanan merupakan kebutuhan mendasar bagi sebuah negara untuk menegakkan kedaulatan, menjaga keutuhan wilayah serta melindungi keselamatan segenap bangsa dari segala bentuk ancaman.

“Saya memandang, Komponen Cadangan merupakan strategi antisipatif agar kita siap menghadapi ancaman dan gangguan terhadap kehidupan bangsa. Selain itu, komponen cadangan juga merupakan salah satu ikhtiar bangsa untuk mempersiapkan kekuatan rakyat, sekaligus champion diberbagai bidang yang memiliki dan menunjukkan kecintaan terhadap Tanah Air,” ujarnya.

BACA JUGA  Ini 10 Instansi Pemda Wilayah Kanreg VII Palembang Penerima Anugerah BKN Award 2022

Perlu diketahui bahwa Komcad merupakan Subsistem Pertahanan Negara yang harus dipersiapkan sejak dini sehingga pada saat diperlukan mampu memperbesar dan memperkuat Komponen Utama dan dalam prosesnya harus didasarkan pada kebutuhan dan kemampuan kekuatan pertahanan negara Indonesia dengan memadukan antara kekuatan Pertahanan Militer dan Nirmiliter.

Usai pelaksanaan upacara para tamu undangan disuguhkan gelaran defile, demonstrasi dan pameran industri pertahanan dalam negeri yang memamerkan produk-produk anak bangsa yang digunakan oleh TNI-Polri, serta komponen cadangan.(Penrem).

Danrem 042/Gapu Brigjen TNI Supriono Saat Hadiri Upacara Penetapan Komcad Tahun 2022 di Pusdiklatpassus Batujajar Bandung, Jawa Barat, Kamis (8/9/22). FOTO : PENREM.

Share :

Baca Juga

Berita

Jangan Anggap Remeh, Polda Jambi Sudah Amankan 133 Orang Pelaku Tindank Pidana Perjudian

Berita

Ditreskrimsus Polda Jambi Terima Penghargaan dari Menteri Kelautan dan Perikanan RI

Berita

Persit KCK Koorcab Rem 042 PD II Sriwijaya Gelar Lomba Agustusan

Berita

BREAKING NEWS : Pemilik Gudang Minyak Terbakar di Lingkar Barat Ditangkap Polda Jambi

Berita

Peringatan HAN 2022 Sukses dan Meriah, Pj Bupati Muaro Jambi Apresiasi Kadis Dikbud

Berita

Terbakar di Tengah Jalan Motor Metic Ini Tinggak Kerangka Besi

Berita

Butuh Kedermawanan Pemkab, Begini Kondisi Jalan Lingkunga Belakang SD 5 Kuala Tungkal

Berita

Kejari Tanjab Barat Lakukan Pemusnahan Barang Bukti